google-site-verification=ydrwj_TcX7EKVuIoCDu-3scwDwIHaXOT828Be0zpAR8 MANUSIA PEMBELAJAR: IBADAT TIRAKATAN

Tuesday 11 June 2019

IBADAT TIRAKATAN



Nyanyian Pembuka
PS. No.712 (atau nyanyian lain yang sesuai)

P :  Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
U :  Amin 
P :  Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kita dalam segala penderitaan.
U :  Sekarang dan selama-lamanya 

P :  Bapak/ibu dan Sdr/sdri terkasih, Allah Sang Sumber dan tujuan hidup, telah memberikan kehidupan kepada saudara/i kita ...... NN........, dan kini telah memanggil kembali saudara kita ini kepangkuan-Nya. Kita percaya bahwa seluruh hidup manusia ada di tangan Allah. Kita hanya bisa bersembah sujud kepada-Nya dan percaya penuh kepada penyelenggaran dan kehendak-Nya. Sekarang ini saudara/i kita ...... NN.......  telah sampai pada akhir perjalanan hidupnya. Ia telah sampai kepada Sang Pencipta dan Penyelamat. 
Maka marilah pada malam hari ini kita memberikan penghormatan kepadanya, dan merenungkan kerahiman Tuhan, asal dan tujuan hidup kita, sambil mohon agar saudara kita yang meninggal ini diterima dalam kemuliaan abadi.

------ hening sejenak -------

Doa Pembuka 
P :  Marilah berdoa :
Allah Bapa yang Maha baik, sumber segala penghiburan, kami mohon, bukalah hati kami, agar dapat mendengarkan dan merenungkan sabda-Mu. Kami sedih karena kematian saudara kami ......NN...... ini, kami mohon, semoga sabda-Mu dapat memberikan hiburan, dan memberikan terang dalam kegelapan, serta keteguhan iman dalam cobaan.
Demi Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa..
U :  Amin

Bacaan Pertama 
Pembacaan dari surat kedua Rasul Paulus kepada Timoteus
(2 Tim 2:8-13) 

--------------------
L :  Demikianlah Sabda Tuhan 
U :  Syukur kepada Allah 

Doa Renungan
P :  Marilah berdoa:
Allah Bapa yang mahapengasih, perkenankanlah hambaMu ...... NN......, yang telah meninggal bersama Kristus berkat sakramen pembaptisan, ikut pula menikmati kebangkitan bersama-sama dengan Dia, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang segala masa.
U :  Amin.

Nyanyian Antar Bacaan PS. No.713 (atau Nyanyian lain yang sesuai)
(Sedapat mungkin dapat dinyanyikan Mazmur dan Bait pengantar Injil)

Bacaan Injil 
P :  Semoga Tuhan beserta kita 
U :  Sekarang dan selama-lamanya 
P :  Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Lukas. (7:11-24)
U:   Dimuliakanlah Tuhan 
-------------------
P :  Demikianlah Sabda Tuhan 
U :  Terpujilah Kristus 

Renungan Singkat 

Doa Umat
P :  Sdr/sdri, marilah kita berdoa kepada Allah, yang menguasai hidup dan mati, Bapa kita yang berbelas kasihan, dan sumber segala penghiburan. 
L :  Bagi keselamatan saudara kita….NN…
Semoga berkat kesetiaannya kepada Yesus Sang Penebus dan Penyelamat kita, saudara kita ini dihantar dan dianugerahi masuk ke dalam kerajaan-Nya untuk menikmati kedamaian abadi.
Hening sejenak….. Marilah kita mohon :

U :   Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L :   Bagi kita yang hadir di sini : Semoga Kristus Penyelamat kita menghancurkan kekuasaan dosa supaya kita juga layak menerima hidup abadi dalam Dia.
Hening sejenak….. Marilah kita mohon :

U :   Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L :  Bagi semua yang sedang berdukacita : Semoga Kristus penghibur orang yang berdukacita menghapuskan air mata serta dukacita dari hati orang-orang yang sedang berkabung karena kehilangan sanak saudara mereka.
Hening sejenak….. Marilah kita mohon :

U :   Kabulkalah doa kami, ya Tuhan

L :   Bagi semua orang yang percaya kepada Kristus : Semoga semua orang yang percaya kepada Kristus kelak pada akhir zaman berbahagia dan bersatu dalam surga abadi dengan semua orang yang  telah meninggal dalam iman kepada-Nya.
Hening sejenak….. Marilah kita mohon :

U :   Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

      (dapat ditambahkan doa-doa secara spontan)

I :   Bapa Maha Kuasa; Engkaulah Tuhan dan Allah kami. Kehidupan dan kematian kami berada dalam tanganMu. Engkau telah menciptakan dan memanggil…………kepada kehidupan. Engkau telah menebus dia demidarah Kristus, PuteraMu dan menerima dia dalam persekutuan kekal. Maka kami mohon kabulkanlah doa-doa permohonan dan segala kerinduan hati kami ini, demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U :  Amin

BAPA KAMI
I :   Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, makaberanilah kita berdoa.
U: Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namaMu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, sepertikami pun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Amin.

I :   Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damaiMu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U : Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

Penutup
P :  Ya Tuhan, anugerahilah dia istirahat kekal.
U :  Dan sinarilah dia dengan cahaya abadi
P :  Semoga ia beristirahat dalam damai
U :  Amin.
P :  Saudara-saudari sekalian. Dengan ini ibadat kita sudah selesai. 
U :  Syukur kepada Allah
P :  Semoga kita sekalian senantiasa diberkati oleh Allah, Bapa yang mahakuasa. 
Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus 
U :  Amin 

Nyanyian Penutup PS. No.714 (atau nyanyian lain yang sesuai)

Disadur dari

No comments:

RENUNGAN HARIAN 6 MEI 2023

DOA PEMBUKA Allah Bapa yang Mahakasih, kami mengucap syukur atas rahmat-Mu yang kami terima pada hari ini. Bukan saja Engkau membangunkan ...