google-site-verification=ydrwj_TcX7EKVuIoCDu-3scwDwIHaXOT828Be0zpAR8 MANUSIA PEMBELAJAR: Renungan Harian, Selasa 17 September 2013

Monday 16 September 2013

Renungan Harian, Selasa 17 September 2013



Belas Kasih menggerakkan Yesus untuk membangkitkan anak muda di Nain
 
Renungan Harian, Selasa 17 September 2013
Bacaan I,: 1Tim 3:1-13
Mazmur 101:1-2ab,2cd-3,5,6
Bacaan Injil : Lukas 7:11-17

Yesus membangkitkan anak muda di Nain

Luk 7:11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.
Luk 7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
Luk 7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"
Luk 7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"
Luk 7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.
Luk 7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."
Luk 7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.


Renungan Singkat.

Belajar daari kisah Yesus membangkitkan anak muda di Naik, kita dapat memetik pesan yang sangat luhur dari ajaran Yesus. Yesus memberi contoh kepada kita bagaimana sikap kita berhadapan dengan siatuasi keprihatinan orang lain. Yesus sangat peduli pada penderitaan orang lain. Ketia Ia melihat janda yang sedih karena ditinggal mati anaknya laki-laki, anak satu-satunya, yang menjadai sandaran hidupnya, Yesis hadir untuk membantunya, Ia tergerak hatinya oleh belas kasihan, berkata kepadanya, menghampiri usungan itu, menyuruh anak itu bangun, lalu menyerahkannya kepada ibunya. Langkah-langkah peristiwa dari “tergerak hatinya’ sampai dengan “ Yesus menyerahkannya kepada ibunya” adalah dinamika dalam tindakan kasih dan penyelamatan Yesus.

Buah dari perbuatan Yesus itu membuat banyak orang yang melihat memuliakan Allah dan tersiar kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan seluruh daerah sekitarnya. Itulah efek atau bah dari pewartaan hidup Yesus.
Apakah kita mudah tergerak oleh siatuasi keprihatinan orang lain? Apakah ketergerakan itu mendorong kita untuk berbuat nyata membantu meringankannya? Apakah tindakan kita sampai membuat orang lain menyadari kehhadiran Allah dalam peristiwa itu hingga nama Allah dimuliakan dan warta tentang Allah semakin meluas? Inilah antara lain renungan yang kita bisa bawa hari ini untuk mengisi hidupkita.
Selamat mewartakan Kasih Yesus

Doa Singkat
Ya Tuhan, bantulah aku hari ini menjadi orang yang peka akan kesulitan dan penderitaan orang lain, khususnya yang ada di sekitar hidup kami. Ajarilah kami brtindak tepat dalam situasi itu sehingga kami bukan hanya mampu membantu meringankan beban saudara-saudari kami, tetapi juga nama-Mu semakin di muliakan. Amin.

RENUNGAN HARIAN 6 MEI 2023

DOA PEMBUKA Allah Bapa yang Mahakasih, kami mengucap syukur atas rahmat-Mu yang kami terima pada hari ini. Bukan saja Engkau membangunkan ...